Welcome On Official Website Jadmikoz, Enjoy And Keep Learning.
Artikel Gudang Kreativitas dapat Anda sebarluaskan
Dengan Menyertakan Nama Penulis dan Link
Google
website www.gudangkreativitas.co.cc
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wajan Bolic Project (internet alternatif)

1:38 PM

Tingginya biaya operasional untuk sebuah pembuatan jaringan kabel maupun nirkabel membuat berbagai kalangan bermodal kecil ingin menciptakan jaringan nirkabel dengan biaya yang amat dapat ditekan. Terlintas sebuah teknik pembuatan parabola wajan untuk dapat memperkuat kualitas sebuah sinyal wireless dengan modal yang bisa dibilang masih terjangkau. Wajan bolik adalah sebuah jalan alternatif bagi sekolompok masyarakat yang ingin dapat membagi jaringannya sehingga dapat tercipta sebuah RT/RW net. Sehingga dirasa perlu untuk meningkatkan motivasi dalam menambah wawasan pengetahuan penulis serta mengerti cara kerja serta mekanisme parabola wajan bolik, hingga dapat dilakukan peninjauan kembali sebagai acuan serta kendala yang dapat meningkatkan mutu pembuatan wajan bolik yang lebih baik lagi.


Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman satu jurusan saya yang mengambil mata kuliah yang sama mendapat suatu tugas kecil-kecilan yang diberikan Dosen mata kuliah , Tugas tersebut adalah membuat pemancar WiFi atau biasa disebut wajan bolik yang telah di presentasikan ke publik oleh pak Onno, cukup sulit untuk dikerjakan secara perorangan untuk mencari informasi, bahan dan implementasi pembuatannya secara langsung, untungnya pak Dosen membagi kelompok 10 orang perkelompok, makasih yah Pak :D.

Dalam Pembuatan pemancar ini terdapat 3 fase penting yaitu :

Bahan
Bahannya sih banyak ditemui di keseharian kita, ada wajan, baut, paralon, kertas alumunium, dan USB WiFi yang rada modern sekaligus susah dicari, kata Pak Dosen sih Di internet ada yang jual hargaNya 70-100rb, gwa masih belum nemu + binggung yang di pasaran aja harganya 250-350rb terpaksa deh beli yang itu. Kalo temen-temen punya info seperti punya pak dosen saya boleh tuh bagi-bagi ke saya :) .

Perhitungan
Yang paling riskan adalah saat menentukan titik-titik pemotongan paralon, pelobangan wajan/kaleng, serta menentukan titik fokus dari antena dengan Wi-Fi. Tetapi berkat bantuan pencetusnya yang berbaik hati membuat formula yang tinggal memasukkan input saja pada program excel maka perhitungan pun didapatkan. Yah sisanya hanya ketelitian kita saja.

Pemasangan
Nah masang juga... fuh , repot banget. Mesti nyari-nyari arah hotspot, yah paling tidak ada 1 orang di atas loteng, pohon, menara dll sisanya memantau kuat jaringan WiFi dari bawah, sekedar informasi terhalang 1 pohon saja dapat mengurangi persentasi WiFi sebesar 10% . Idealnya sih menara hotspot lebih tinggi dari menara wajan kita jadi arah WiFi tidak riskan terhalang macam-macam.





Ini nih bahan pembuatannya :
Wajan (punya emak juga boleh) (1 buah)
Wireless (1 buah, 2,4Ghz)
Kabel UTP (5-20 meter)
Kabel USB extender
Pipa paralon (3 inc)
Dop pipa paralon (2 buah)
Baut serta mur (secukupnya)
Selotip kabel
Lakban/Kertas alumunium Foil

Alat :
Bor besi
Solder & timah
Gunting
Cutter
Penggaris dan Meteran

Proses Pembuatannya Sebagai Berikut :
Setelah semua bahan dan peralatan yang diperlukan dikumpulkan maka langkah berikutnya adalah membuat rakitan wajan bolik, semua tahapan di dalam pembuatan wajan tidak harus mengikuti urutan yang sudah ada. Sebagai contoh Urutan pembuatan dapat dilakukan dengan membuat kabel USB eksternal terlebih dahulu atau pembutan wajannya terlebih dahulu.
= Penenentuan Rumus
Gunakan rumus asli buatan pak Onno W. Purbo dan E-Goen dengan menghitung bahan dasar yang menentukan panjang pendeknya titik focus serta titik peletakan kabel USB. Hitung diameter dan kedalaman wajannya.
= Pembuatan Wajan
Bor wajan tepat ditengah dan bor juga salah satu dop paralon lalu letakkan berbarengann dengan 1 lobang yang diperkuat dengan menggunakan baut. Potong pipa paralon yang sudah ditentukan panjangnya, lalu lubangi pula pipa paralon sesuai dengan perhitungan yang sudah dilakukan. Selanjutnya lapisi pipa paralon dan sisa dop yang belum terpasang. Jadilah wajan bolik properti
= Dalam pembuatan kabel kita harus mengeti dan telaten dengan penyambungan kabel UTP dan USB extender, karena bila kita tidak teliti maka kabel akan susah (tidak connect) terhubung serta dideteksi computer apalagi bila salah pasang, inilah mekanisme warna penyambungannya :
























USB Extender(Kabel)

Kabel UTP

Hijau

Hijau

Putih

Putih Hijau

Merah

Orange Putih
Orange

Hitam

Cokelat
Cokelat Putih
Biru
Biru Putih


NB :
Penulis menyarankan, di dalam sambungan USB sebaiknya dilapisi dengan suatu isolator untuk menghindari terjadinya kebocoran data. Maka sebaiknya pertebal saja pada potongan sambungan kabel.

= Pasang wireless pada lobang yang telah disediakan pada paralon, sambung dengan menggunakan kabel wajan (UTP&USB extender).




Aku dan Wajanku... :D

Kesimpulan :
Dalam pembuatan wajan bolik ini, kita dapat mengambil satu kesimpulan dan suatu pelajaran yang sangat beharga. Sehingga kita menjadi terlatih serta memahami teknik pembuatan parabola wajan dengan kehati-hatian, dan penuh dengan kesabaran, sebab dengan teknik kita akan bisa membuat membuat parabola wajan yang berkerja secara optimal, dengan tidak ada yang sesuatu yang merugikan (contoh: panjang paralon yang menjadi titik fokus harus sesuai, kabel yang tidak salah pasang). Pemasangan peletakan wajan dapat mempengaruhi kualitas sinyal, semakin tinggi akan memperkuat pancaran sinyal wajan karena tidak ada media yang dapat menghalangi pemancar.

2 komentar
  1. Anandianta August 5, 2008 at 6:22 PM  

    Hehehe.. q udh liat mazQ buat kayak gni n lumayan heboh pas cari sinyal ^_^ tetep smangat cr sinyalNa ^_^

  2. jadmikoz August 6, 2008 at 4:09 PM  

    @anandianta
    Hehehe ... Benar, repot lo... Tapi buat pengalaman Boleh Juga Di coba Mas ... :D

Dokumen Gudang Kreativitas