Welcome On Official Website Jadmikoz, Enjoy And Keep Learning.
Artikel Gudang Kreativitas dapat Anda sebarluaskan
Dengan Menyertakan Nama Penulis dan Link
Google
website www.gudangkreativitas.co.cc
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Membuat Jam Analog Digital

2:12 PM

Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya pada Jam yang akan kita bahas ini. Pernahkah anda memasuki sebuah situs baik itu blog maupun website yang menampilkan sebuah Jam Analog yang memiliki animasi yang berbeda-beda, atau anda kenal kenal situs yang bernama clocklink.com. Situs tersebut menawarkan animasi-animasi jam analog yang dapat kita peroleh source html codenya dan kita letakkan di blog maupun website kita. Yang saya tidak sukai dari beberapa situs yang menawarkan aksesoris jam tersebut adalah mereka memberikan iklan tentang situs baik sekedar teks maupun saat cursor mouse berada di area hit jam tersebut.


Yang saya ketahui jam analog tersebut di buat menggunakan sofware flash. Kemudian saya mencari tahu apa kita bisa membuat Jam Analog Digital kita sendiri lewat internet dan beberapa tutorial yang diberikan dan ternyata memang banyak tutorial-tutorial sejenis yang memiliki beberapa kesamaan tema, Anda ingin mencoba membuat Jam Analog Digital sendiri anda bisa mengikuti tanpa harus mengikuti tutorial saya 100% dalam membuat jam anda sendiri.

Baik anda dapat memulai mengatur ukuran stage kira-kira sebesar 150x150 pixel, dapat anda sesuaikan dengan keperluan anda. Lalu gambar di stage menggunakan line tool, untuk detik, menit, dan jam. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Covert shape tersebut menjadi movie clip (F8), beri intance name untuk jarum detik menjadi “detik_mc”, jarum menit menjadi“menit_mc”, dan jarum jam menjadi “jam_mc”. Jangan lupa atur letak registrasi point tepat dititik rotasi bawah jarum, ini penting karena ini yang menjadi titik rotasi perputaran jarum.Setelah anda berhasil membuat ketiga jarum jam menjadi movie clip dan memberikan instance point dan mengatur letak registrasi point anda dapat mengatur susunan jarum jamnya menjadi seperti di bawah ini.

Setelah anda menyusun susunan jarum jam inilah saatnya kita memasukkan action script pada frame pertama, tentunya dengan layer yang terpisah dengan jarum maupun background jam agar terlihat rapi. Tekan F9 untuk memunculkan Action Script bar dan massukkan script di bawah ini.

_root.onEnterFrame = function() {
//membuat variabel Date object

tanggal = new Date();
//rotasi movieclip "jam_mc"

jam_mc._rotation = tanggal.getHours()*30+(tanggal.getMinutes()/2);
//rotasi movieclip "menit_mc"

menit_mc._rotation = tanggal.getMinutes()*6+(tanggal.getSeconds()/10);
//rotasi movieclip "detik_mc"

detik_mc._rotation = tanggal.getSeconds()*6;
};

Untuk selanjutnya anda dapat menambahkan background jam yang anda inginkan dengan menyisipkan moviclip untuk animasi berulang, atau sekedar menggambar pola jam analog biasa saja anda dapat menambahkan action script wmode="transparent" untuk membuat animasi yang transparant pada halaman web. Akhir kata selamat berkreasi.

Jam analog digital fla dapat anda download di sini à Download

3 komentar
  1. Rachman February 15, 2009 at 12:07 PM  

    thx's bwt totorial na....

    btw gmna yua cra na bwt bkin jam untuk versi HP????

  2. mrs.danielo July 11, 2009 at 12:47 AM  

    rat bro...udah berhasil, tapi kok bisanya dipublish flash 6 doang yah? ga kebaca di player yg lebih rendah dong?

  3. jadmikoz July 21, 2009 at 8:38 AM  

    @rahman, pake flah lite...

    @Mrs danielo, iya... knapa harus pake versi yang lebih rendah ?? kalau pakai versi yang lebih tinggi bisa.. versi baru dikeluarkan untuk menyempurnakan versi yang lebih lama.. iya gak ;)

Dokumen Gudang Kreativitas